coba klik deh :)

Bisnis pulsa murah nih

cari-cari bisnis pulsa murah, eh nemu ini, buka deh. pelajari n daftar segera :) Pulsa Murah

Jumat, 27 April 2012


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
            Sekarang ini, manusia saling berlomba-lomba untuk mendapatkan perkerjaan yang layak ditengah lapangan pekerjaan yang semakin menyempit, ditambah oleh ketatnya persaingannya sesama pekerja demi mendapatkan pekerjaan layak. Banyaknya para pekerja yang terkena PHK karena umur yang sudah tua atau sudah mendekati pensiun, beserta lulusan sekolah yang masih rendah. Karena hal itulah angka pengangguran di Indonesia semakin tahun semakin menumpuk. Hal ini tentu membuat pemerintah kalang kabut, karena bersamaan dengan bertambahnya angka pengangguran maka bertambah pula angka kriminalitas, pemerkosaan, dan pelaku bunuh diri di ibukota.
            Hal-hal yang dipaparkan di atas membuat pemerintah membuka banyak lapangan kerja baru yang dimaksudkan untuk para pengganguran yang menumpuk itu. Tetapi tidak banyak juga para karyawan yang tidak puas akan penghasilannya sebagai pegawai karyawan kantoran maka mereka membuat usaha sendiri. Usaha yang dibuat itu pun menjadi sarana untuk memberikan peluang untuk masyarakat banyak. Dengan adanya kemampuan untuk mengembangkan keahliannya, para wirahusawan diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran yang menumpuk.
            Apa yang dipikirkan orang ketika hari ulang tahun, perpisahan teman, atau hari-hari special lainnya. Jawabannya tentu hadiah. Jauh sebelum hari itu tiba pun orang-orang sibuk memikirkan hadiah apa yang pantas diberikan untuk orang yang dituju. Kebanyakan orang bingung untuk memberikan hadiah pada orang yang dituju.
            Untuk memberikan hadiah, terkadang mereka cenderung masuk dari satu toko ke toko lain. Melihat-lihat dari satu mall ke mall yang lainnya, yang seperti itu dilakukan hanya untuk melihat-lihat dan memilih semata. Dari keadaan yang seperti itulah akhirnya dimanfaatkan untuk mengambil peluang membuka bisnis toko kado ini.


BAB II
ISI
           
            Semua membutuhkan kado untuk orang-orang terdekatnya yang berulang tahun, maupun untuk memperingati kebahagian lainnya. Kebutuhan masyarakat akan kado saat ini semakin bertambah, anak-anak, remaja, dewasa. Semua golongan dan semua usia membutuhkan kado. Tidak sedikit pula yang memberikan kado ini di acara-acara pesta atau hari jadi. Hadiah yang dihadiahi ini pun tidak sedikit yang bertujuan untuk menunjukkan rasa peduli dan sayang pada orang yang dituju. Berikut adalah data dari perusahaan yang penulis rencanakan:
Nama Perusahaan        : Toko Kado dan Soevenir
Jenis Produk                : Boneka, mainan, assesoris, fancy, tas, dompet, jam tangan, jam                                            dinding, dll
Alamat Perusahaan     : Jl. Suprapto No. 4A, Bengkulu
Nomor Telepon           : 085267534491
Alamat E-mail             : tokokadodansoevenir@yahoo.co.id
Facebook/Twitter        : tokokadodansoevenir@yahoo.co.id
Mulai Berdiri               : 19 April 2012
Biodata Pemilik
Nama                           : Vicky Yuni Angraini
Jabatan                        : Pimpinan
Tempat, tanggal Lahir : Bengkulu, 08 Juni 1991
Alamat Rumah            : Jl. Rangkong No 148 Lingkar barat, Bengkulu
Nomor Telepon           : 085832472668
Alamat E-mail             : vickyyuni08@yahoo.co.id
Facebook/ Twitter       : Vicky Yuni Angraini
Pendidikan Terakhir    : S1

            Usaha apa pun itu, baik kecil maupun besar tidak akan terlepas dari untung dan rugi. Namun di luar itu, sebagai wirausahawan kesiapan mental untuk menghadapi semuanya haruslah dipersiapkan. Beberapa aspek dalam perencanaan usaha ini adalah sebagai berikut:
A.                 Aspek Manajemen
            Bisnis ini milik pribadi, dengan kata lain bisnis ini dimiliki sendiri oleh saya. Tetapi dalam pengelolaannya saya merekrut 2 orang tenaga kerja untk membantu saya menjalankan bisnis ini.
B.                 Aspek Pemasaran
a)         Target Pasar
Karena semua orang membutuhkan kado untuk diberikan kepada orang tercinta ataupun pada peringatan dan pesta maka target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat dari anak-anak sampai dewasa.
b)        Konsep Pemasaran
memasang papan nama toko kado di depan lokasi usaha, agar masyarakat mengetahuinya. Kemudian dengan cara menempelkan selebaran mengenai toko ini di tenmpat-tempat yang strategis. Sebagai promosi, akan diberikan potongan harga untuk pembelian barang tertentu.
c)         Produk dan Penetapan Harga
Untuk penetapan harga akan dibandingkan terlebih dahulu dengan harga barang yang ada. Penetapan harga ini juga diklasifikasikan berdasarkan kualitas barang, ukuran barang, jenis barang, serta assesoris kado yang diperlukan.
d)        Distribusi dan Promosi
Dengan banyaknya masyarakat yang butuh akan hadiah untuk diberikan pada momen apa saja maka untuk mempromosikan toko ini, toko ini akan membuat kartu nama. Kemudian pula memasang situs online agar yang di luar daerah pun bisa mengetahuinya bahkan berbelanja di toko ini. Lalu pula akan dibuat kresek khusus untuk toko kado ini. Selain itu sediakan keperluan untuk membungkus kado, dari mulai kertas kadonya, kartu ucapan atau pita penghias kado.
C.                Aspek Operasional
            Masalah dasar dari kado adalah membungkus kado. Tenaga kerja yang bekerja di toko kado ini haruslah bisa, pandai serta mahir dalam membungkus kado. Dia harus bisa menguasai macam-macam model membungkus kado. Lokasi bisnis ini dijalankan di tempat yang ramai di lalui orang atau menyewa tempat di mall.
D.                 Kiat Pengelolaan Toko Kado
            Agar konsumen tidak kecewa jika produk yang dicari tidak ada di toko kado, maka dapat menawarkan kepada para pelanggan untuk memesan produk yang dicari. Tawarkan pula layanan jasa bungkus kado gratis, bagi konsumen yang membeli produk di toko Anda.
E.                 Aspek Keuangan
Analisa Ekonomi
Modal Awal
Sewa tempat dan renovasi                                  Rp 25.000.000
Penyediaan produk dan lain-lain                         Rp 25.000.000 +
Total                                                                    Rp 50.000.000
Biaya Operasional
Gaji 2 orang pegawai                                          Rp  1.600. 000
Penyediaan produk                                             Rp 15.000.000
Listrik, telepon dan lain-lain                               Rp      400.000 +
Total                                                                    Rp 17.000.000
Omzet per bulan                                                Rp 25.000.000
Laba per bulan
Rp 25.000.000 - Rp 17.000.000          =             Rp   8.000.000

Masa kembali modal
( modal awal : laba bersih satu bulan)  =             ± 7 bulan
Selesai sudah penjabaran saya mengenai perencanaan wirausaha apa yang saya akan jalani. Memang tidak akan membawa keuntungan yang besar tetapi karena keunikan bisnis inilah sayang ingin membuka bisnis Toko Kado ini. Saya rasa tidaklah salah membuka bisnis ini karena setiap orang pasti akan mencari dan memerlukan kado untuk sesuatu yang spesial di hari yang spesial.

BAB III
PENUTUP

Simpulan
Seorang Wirausaha dapat dikatakan sukses adalah orang yang memiliki banyak ilmu pengetahuan, pengalaman, serta keterampilan dan kualitas terhadap dirinya sendiri.
Dari berbagai macam bisnis, bisnis kado bukanlah sesuatu yang salah untuk dijalani mengingat kebutuhan hadiah masyarakat saat ini yang sangat besar. Namun bagaimanapun, di setiap bisnis tidak selalu lancar. Akan selalu ada halang melintang.

Saran
Bukan hal mudah membuka usaha dengan pesaing dan kecanggihan teknologi saat ini. Namun memiliki perjuangan yang tinggi dan sikap yang pantang menyerah dalam mencoba hal-hal yang baru serta unik dapat menjadi suatu kelebihan tersendiri.















DAFTAR PUSTAKA

___ . 2009. CONTOH PERANCANAAN BISNIS KATERING. http://makalah-        artikel-online.blogspot.com/2009/02/contoh-perencanaan-bisnis-katering.html        (diakses 17April 2012)

Dodis, 2011. Toko Kado. Gift Shop untuk Semua Kalangan.             http://www.radarbangka.co.id/rubrik/detail//46/toko-kado-gift-shop-untuk-semua- kalangan.html (diakses 17 April 2012)





           

0 komentar:

Posting Komentar