BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sekarang
ini, manusia saling berlomba-lomba untuk mendapatkan perkerjaan yang layak
ditengah lapangan pekerjaan yang semakin menyempit, ditambah oleh ketatnya
persaingannya sesama pekerja demi mendapatkan pekerjaan layak. Banyaknya para
pekerja yang terkena PHK karena umur yang sudah tua atau sudah mendekati
pensiun, beserta lulusan sekolah yang masih rendah. Karena hal itulah angka
pengangguran di Indonesia semakin tahun semakin menumpuk. Hal ini tentu membuat
pemerintah kalang kabut, karena bersamaan dengan bertambahnya angka
pengangguran maka bertambah pula angka kriminalitas, pemerkosaan, dan pelaku
bunuh diri di ibukota.
Hal-hal yang dipaparkan di atas
membuat pemerintah membuka banyak lapangan kerja baru yang dimaksudkan untuk
para pengganguran yang menumpuk itu. Tetapi tidak banyak juga para karyawan
yang tidak puas akan penghasilannya sebagai pegawai karyawan kantoran maka
mereka membuat usaha sendiri. Usaha yang dibuat itu pun menjadi sarana untuk
memberikan peluang untuk masyarakat banyak. Dengan adanya kemampuan untuk
mengembangkan keahliannya, para wirahusawan diharapkan dapat mengurangi jumlah
pengangguran yang menumpuk.
Apa yang dipikirkan orang ketika hari ulang tahun,
perpisahan teman, atau hari-hari special lainnya. Jawabannya tentu hadiah. Jauh
sebelum hari itu tiba pun orang-orang sibuk memikirkan hadiah apa yang pantas
diberikan untuk orang yang dituju. Kebanyakan orang bingung untuk memberikan
hadiah pada orang yang dituju.
Untuk memberikan hadiah, terkadang mereka cenderung masuk
dari satu toko ke toko lain. Melihat-lihat dari satu mall ke mall yang lainnya,
yang seperti itu dilakukan hanya untuk melihat-lihat dan memilih semata. Dari
keadaan yang seperti itulah akhirnya dimanfaatkan untuk mengambil peluang
membuka bisnis toko kado ini.
BAB II
ISI
Semua membutuhkan kado untuk orang-orang
terdekatnya yang berulang tahun, maupun untuk memperingati kebahagian lainnya.
Kebutuhan masyarakat akan kado saat ini semakin bertambah, anak-anak, remaja,
dewasa. Semua golongan dan semua usia membutuhkan kado. Tidak sedikit pula yang
memberikan kado ini di acara-acara pesta atau hari jadi. Hadiah yang dihadiahi
ini pun tidak sedikit yang bertujuan untuk menunjukkan rasa peduli dan sayang
pada orang yang dituju. Berikut adalah data dari perusahaan yang penulis
rencanakan:
Nama
Perusahaan : Toko Kado dan Soevenir
Jenis
Produk : Boneka, mainan, assesoris, fancy, tas, dompet, jam tangan, jam dinding, dll
Alamat
Perusahaan : Jl. Suprapto No. 4A, Bengkulu
Nomor
Telepon : 085267534491
Alamat
E-mail :
tokokadodansoevenir@yahoo.co.id
Facebook/Twitter : tokokadodansoevenir@yahoo.co.id
Mulai
Berdiri : 19 April 2012
Biodata
Pemilik
Nama :
Vicky Yuni Angraini
Jabatan :
Pimpinan
Tempat,
tanggal Lahir : Bengkulu, 08 Juni 1991
Alamat
Rumah :
Jl. Rangkong No 148 Lingkar barat, Bengkulu
Nomor
Telepon : 085832472668
Alamat
E-mail : vickyyuni08@yahoo.co.id
Facebook/
Twitter : Vicky Yuni Angraini
Pendidikan
Terakhir : S1
Usaha apa pun itu, baik kecil maupun
besar tidak akan terlepas dari untung dan rugi. Namun di luar itu, sebagai
wirausahawan kesiapan mental untuk menghadapi semuanya haruslah dipersiapkan.
Beberapa aspek dalam perencanaan usaha ini adalah sebagai berikut:
A.
Aspek
Manajemen
Bisnis
ini milik pribadi, dengan kata lain bisnis ini dimiliki sendiri oleh saya.
Tetapi dalam pengelolaannya saya merekrut 2 orang tenaga kerja untk membantu
saya menjalankan bisnis ini.
a)
Target Pasar
Karena
semua orang membutuhkan kado untuk diberikan kepada orang tercinta ataupun pada
peringatan dan pesta maka target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat dari
anak-anak sampai dewasa.
b)
Konsep
Pemasaran
memasang
papan nama toko kado di depan lokasi usaha, agar masyarakat mengetahuinya. Kemudian
dengan cara menempelkan selebaran mengenai toko ini di tenmpat-tempat yang
strategis. Sebagai promosi, akan diberikan potongan harga untuk pembelian barang
tertentu.
c)
Produk
dan Penetapan Harga
Untuk
penetapan harga akan dibandingkan terlebih dahulu dengan harga barang yang ada.
Penetapan harga ini juga diklasifikasikan berdasarkan kualitas barang, ukuran
barang, jenis barang, serta assesoris kado yang diperlukan.
d)
Distribusi
dan Promosi
Dengan banyaknya masyarakat yang butuh akan hadiah
untuk diberikan pada momen apa saja maka untuk mempromosikan toko ini, toko ini
akan membuat kartu nama. Kemudian pula memasang situs online agar yang di luar
daerah pun bisa mengetahuinya bahkan berbelanja di toko ini. Lalu pula akan
dibuat kresek khusus untuk toko kado
ini. Selain itu sediakan keperluan untuk membungkus kado, dari mulai kertas
kadonya, kartu ucapan atau pita penghias kado.
C.
Aspek
Operasional
Masalah dasar dari kado adalah
membungkus kado. Tenaga kerja yang bekerja di toko kado ini haruslah bisa,
pandai serta mahir dalam membungkus kado. Dia harus bisa menguasai macam-macam
model membungkus kado. Lokasi bisnis ini dijalankan di tempat yang ramai di
lalui orang atau menyewa tempat di mall.
D.
Kiat
Pengelolaan Toko Kado
Agar konsumen tidak kecewa jika
produk yang dicari tidak ada di toko kado, maka dapat menawarkan kepada para
pelanggan untuk memesan produk yang dicari. Tawarkan pula layanan jasa bungkus
kado gratis, bagi konsumen yang membeli produk di toko Anda.
E.
Aspek
Keuangan
Analisa
Ekonomi
Modal Awal
Sewa tempat dan renovasi Rp 25.000.000
Penyediaan produk dan lain-lain Rp 25.000.000 +
Total Rp
50.000.000
Biaya Operasional
Gaji 2 orang pegawai Rp
1.600. 000
Penyediaan produk Rp 15.000.000
Listrik, telepon dan lain-lain Rp 400.000 +
Total Rp
17.000.000
Omzet per bulan Rp 25.000.000
Laba per bulan
Rp 25.000.000 - Rp 17.000.000 = Rp 8.000.000
Masa kembali modal
( modal awal : laba bersih satu bulan) = ±
7 bulan
Selesai
sudah penjabaran saya mengenai perencanaan wirausaha apa yang saya akan jalani.
Memang tidak akan membawa keuntungan yang besar tetapi karena keunikan bisnis
inilah sayang ingin membuka bisnis Toko Kado ini. Saya rasa tidaklah salah
membuka bisnis ini karena setiap orang pasti akan mencari dan memerlukan kado
untuk sesuatu yang spesial di hari yang spesial.
BAB
III
PENUTUP
Simpulan
Seorang
Wirausaha dapat dikatakan sukses adalah orang yang memiliki banyak ilmu
pengetahuan, pengalaman, serta keterampilan dan kualitas terhadap dirinya
sendiri.
Dari
berbagai macam bisnis, bisnis kado bukanlah sesuatu yang salah untuk dijalani
mengingat kebutuhan hadiah masyarakat saat ini yang sangat besar. Namun bagaimanapun,
di setiap bisnis tidak selalu lancar. Akan selalu ada halang melintang.
Saran
Bukan
hal mudah membuka usaha dengan pesaing dan kecanggihan teknologi saat ini. Namun
memiliki perjuangan yang tinggi dan sikap yang pantang menyerah dalam mencoba
hal-hal yang baru serta unik dapat menjadi suatu kelebihan tersendiri.
DAFTAR
PUSTAKA
___
. 2009. CONTOH PERANCANAAN BISNIS
KATERING. http://makalah- artikel-online.blogspot.com/2009/02/contoh-perencanaan-bisnis-katering.html
(diakses 17April 2012)
Dodis,
2011. Toko Kado. Gift Shop untuk Semua
Kalangan. http://www.radarbangka.co.id/rubrik/detail//46/toko-kado-gift-shop-untuk-semua- kalangan.html (diakses 17 April 2012)




0 komentar:
Posting Komentar